PERANGKAT
PEMBELAJARAN
SILABUS
MATA PELAJARAN AL-QUR’AN -HADITS
KELAS VI SEMESTER
1
MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI PANTOLOAN
KOTA PALU
SILABUS
Satuan pendidikan : MIN
Pantoloan
Mata Pelajaran :AL-QUR’AN-HADITS
Kelas / Semester : VI / I
STANDAR KOMPETENSI : 1.Menghafal surat pendek secara benar dan fasih
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
1.1 Membaca surat ad-Duha secara benar dan fasih
|
Surat
ad-Duha
|
·
Menyimak bacaan
surat ad-Dhuha melalui kaset /VCD
·
Menirukan
bacaan surat ad-Dhuha dari ustadz/Qori’
·
Membaca surat
ad-Dhuha secara benar dan fasih
|
·
Melafalkan tiap ayat dari surat Ad-Duha
·
Membaca tiap ayat surat Ad-Duha
·
Membaca surat Ad-Duha secara keseluruhan
|
Jenis
Lisan
Instrumen
Unjuk
kerja
|
2
jampel
|
Buku
paket
Al-Qur’an
Kaset
VCD al-Qur’an
Qori’
|
1.2 Menghafal surat ad-Duha secara benar dan fasih
|
Surat
Ad-Duha
|
·
Membaca
berulang-ulang surat Ad-Duha
·
Menyimak
berulang-ulang bacaan surat Ad-Duha
·
Bermain
“Rubu’iyah”atau kwartet dengan kartu ayat dari surat Ad-Duha
·
Menghafal surat
Ad-Duha secara benar dan fasih
|
·
Melanjutkan
potongan ayat secara acak dalam surat Ad-duha tanpa melihat Al-Qur’an
·
Menyebutkan
nomor ayat ketika surat Ad-duha dibaca secara acak
·
Menghafal surat
Ad-duha
|
Jenis
Lisan
Instrumen
Unjuk
kerja
|
2
jampel
|
Buku
paket
Al-Qur’an
Kaset
VCD al-Qur’an
Qori’
|
STANDAR KOMPETENSI : 2.Memahami arti surat pendek pilihan
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
2.1 Menterjemahkan surat Ad-Duha
|
Surat Ad-Duha
|
·
Bermain game
mencocokkkan terjemah secara lafdhiyah dari hadits tentang taqwa
·
Berpasangan
dengan teman saling menyimak terjemahan surat Ad-Duha
|
·
Menyebutkan
terjemahan ayat surat Ad-duha secara acak
·
Meneruskan
terjemahan ayat surat Ad-duha
·
Menterjemahkan
surat Ad-duha secara keseluruhan
|
Jenis
Lisan
Instrumen
Unjuk kerja
|
2
Jampel
|
Buku paket
Al-Qur’an
Kaset VCD al-Qur’an
Qori’
|
2.2 Menjelaskan isi kandung-an surat Ad-Duha tentang
meyakini kehidupan akhirat lebih baik
daripada kehidupan dunia dengan sederhana
|
Surat Ad-Duha
|
·
Studi literatur
tentang kandungan surat Ad-Duha
·
Mendengarkan
penjelasan isi kandungan surat Ad-Duha
·
Berdiskusi tentang
masalah kehidupan dunia dan akhirat
·
Secara bersama
dibimbing guru menyimpulkan hasil diskusi
|
·
Menjelaskan
pengertian kehidupan akhirat
·
Menunjukkan
contoh perilaku orang yang meyakini kehidupan akhirat lebih baik daripada
kehidupan dunia
·
Menyebutkan keutamaan
orang yang meyakini akhirat lebih baik daripada kehidupan dunia
|
Jenis
Tulis
Lisan
Instrumen
Tes subyektif
|
8 jampel
|
Buku paket
Kartu ayat
|
STANDAR KOMPETENSI :3 .Memahami hadits tentang keutamaan memberi
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
3.1 Menterjemahkan hadits tentang keutamaan memberi
|
Terjemahan lafdhiyah hadits
tentang keutamaan memberi
|
·
Menggali
informasi tentang terjemah lafdhiyah hadits tentang keutamaan memberi
·
Bermain game
mencocokkan terjemah lafdhiyah hadits tentang keutamaan memberi
|
·
Menyebutkan
terjemahan lafdziah hadits tentang keutamaan memberi
·
Meneruskan
terjemahan hadits tentang keutamaan memberi secara acak
·
Menterjemahkan
hadits tentang keutamaan memberi secara keseluruhan
|
Jenis
Tulis
Lisan
Instrumen
Tes subyektif
|
6 jampel
|
Buku paket
Kartu ayat
Tafsir al-Qur’an
|
3.2 Menjelaskan hadits tentang keutamaan memberi secara
sederhana
|
Hadits tentang keutamaan memberi
|
·
Studi literatur
tentang keutamaan memberi
·
Mendengar isi
kandungan hadits
·
Berdiskusi
tentang keutamaan orang yang suka beramal salih
·
Secara bersama
dibimbing guru menyimpulkan hasil diskusi
|
·
Menyebutkan
contoh perilaku dermawan
·
Menyebutkan
hikmah dermawan
·
Menjelaskan
akibat bakhil/kikir
|
Jenis
Tulis
Lisan
Instrumen
Tes subyektif
|
6 jampel
|
Buku paket
|
Mengetahui :
Kepala Madrasah,
Abd. Basit, S.Ag., M.Pd.I
Nip.. 19711105 199503 1 001
|
|
Pantoloan, Juli 2013
Guru Kelas VI,
Maujud, S.Pd.I
Nip. 19680925 199402 1 001
|
PERANGKAT
PEMBELAJARAN
SILABUS
MATA
PELAJARAN AL-QUR’AN -HADITS
KELAS VI
SEMESTER 2
MADRASAH
IBTIDAIYAH NEGERI PANTOLOAN
KOTA
PALU
SILABUS
Nama Madrasah : MI.ATTAQWA
PANAIKANG
Mata Pelajaran :
AL-QUR’AN-HADIS
Kelas / Semester : VI / II
STANDAR KOMPETENSI : 4. Menghafalkan surat pendek secara benar dan fasih
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
4.1
Membaca Surat
al-Bayyinah dengan baik dan fasih
|
Surat al-Bayyinah
|
·
Menyimak bacaan
surat al-Bayyinah melalui kaset /VCD
·
Menirukan
bacaan surat al-Bayyinah dari ustadz/Qori’
·
Membaca surat
al-Bayyinah secara benar dan fasih
|
·
Melafalkan tiap ayat dari surat Ad-Duha
·
Membaca tiap ayat surat Ad-Duha
·
Membaca surat Ad-Duha secara keseluruhan
|
Jenis
Lisan
Instrumen
Unjuk kerja
|
2
jampel
|
Buku paket
Al-Qur’an
Kaset VCD al-Qur’an
|
4.2
Menghafal Surat
al-Bayyinah dengan baik dan fasih
|
Surat al-Bayyinah
|
·
Membaca
berulang-ulang surat al-Bayyinah
·
Menyimak
berulang-ulang bacaan surat al-Bayyinah
·
Bermain
“Rubu’iyah”atau kwartet dengan kartu ayat dari surat al-Bayyinah
·
Menghafal surat
al-Bayyinah secara benar dan fasih secara berkelompok
|
·
Melanjutkan
potongan ayat secara acak dalam surat Ad-duha tanpa melihat Al-Qur’an
·
Menyebutkan
nomor ayat ketika surat Ad-duha dibaca secara acak
·
Menghafal surat
Ad-duha
|
Jenis
Lisan
Instrumen
Unjuk kerja
|
2
jampel
|
Buku paket
Al-Qur’an
Kartu ayat
|
STANDAR
KOMPETENSI : 5. Memahami arti arti hadits tentang amal shalih
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
5.1
Menterjemahkan
hadits tentang amal shalih
|
Terjemah lafdhiyah hadits tentang amal shalih
|
·
Menggali
informasi tentang terjemah lafdhiyah hadits tentang amal shalih
·
Bermain game
mencocokkan terjemah lafdhiyah hadits tentang amal shalih
·
Menuliskan
terjemah hadits tentang amal shalih
|
· Menyebutkan terjemahan hadits tentang amal salih tiap
kata
· Meneruskan terjemahan hadits tentang amal salih secara
acak
· Menterjemahkan hadits tentang amal salih secara
keseluruhan
|
Jenis
Tulis
Lisan
Instrumen
Tes subyektif
|
4 jampel
|
Buku paket
Kartu ayat
Tafsir al-Qur’an
|
5.2
Menjelaskan isi
kandungan hadits tentang amal salih secara sederhana
|
Hadits amal shalih
|
·
Studi literatur
tentang amal salih
·
Mendengarkan
penjelasan isi kandungan hadits
·
Berdiskusi
tentang keutamaan orang yang suka beramal salih
·
Secara bersama
dibimbing guru menyimpulkan hasil diskusi
|
· Menyebutkan pengertian amal salih
· Menunjukkan contoh perilaku amal salih
· Menjelaskan keutamaan orang yang suka beramal salih
|
Jenis
Tulis
Lisan
Instrumen
Tes subyektif
|
4
jampel
|
Buku paket
|
5.3
Menerapkan isi
kandungan hadits tentang amal salih kaitannya dengan berakhlak dengan sesama
|
Hadits amal shalih
|
·
Menentukan/memilih sikap dengan menjawab
studi kasus
·
Mengajukan
pertanyaan terhadap sesama teman tentang dampak positif dari beramal salih
terhadap sesama
|
· Menentukan sikap dalam berakhlak terhadap teman sebaya,
orang yang lebih muda, dan orang yang lebih tua
· Menggambarkan sikap yang berdampak positif (amal salih)
terhadap sesama
|
Tulis
Lisan
|
4
jampel
|
Buku paket
|
Mengetahui :
Kepala Madrasah,
Abd. Basit, S.Ag., M.Pd.I
Nip.. 19711105 199503 1 001
|
|
Pantoloan, 2014
Guru Kelas VI,
Maujud, S.Pd.I
Nip. 19680925 199402 1 001
|
P.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar