Jumat, 15 November 2013

PERANGKAP PEMBELAJARAN MI






PERANGKAT PEMBELAJARAN
SILABUS


MATA PELAJARAN AL-QUR’AN -HADITS 

KELAS VI  SEMESTER 1
MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI PANTOLOAN
KOTA PALU


SILABUS
       
         Satuan pendidikan    : MIN Pantoloan
Mata Pelajaran             :AL-QUR’AN-HADITS                                                                                                                               
Kelas / Semester         : VI / I
STANDAR KOMPETENSI : 1.Menghafal surat pendek secara benar dan fasih

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1
2
3
4
5
6
7
1.1   Membaca surat ad-Duha secara benar dan fasih
Surat ad-Duha
·         Menyimak bacaan surat ad-Dhuha melalui kaset /VCD
·         Menirukan bacaan surat ad-Dhuha dari ustadz/Qori’
·         Membaca surat ad-Dhuha secara benar dan fasih


·         Melafalkan tiap ayat dari surat Ad-Duha
·         Membaca tiap ayat surat Ad-Duha
·         Membaca surat Ad-Duha secara keseluruhan

Jenis
Lisan
Instrumen
Unjuk kerja
2 jampel
Buku paket
Al-Qur’an
Kaset VCD al-Qur’an
Qori’
1.2   Menghafal surat ad-Duha secara benar dan fasih
Surat Ad-Duha
·         Membaca berulang-ulang surat Ad-Duha
·         Menyimak berulang-ulang bacaan surat Ad-Duha
·         Bermain “Rubu’iyah”atau kwartet dengan kartu ayat dari surat Ad-Duha
·         Menghafal surat Ad-Duha secara benar dan fasih

·         Melanjutkan potongan ayat secara acak dalam surat Ad-duha tanpa melihat Al-Qur’an
·         Menyebutkan nomor ayat ketika surat Ad-duha dibaca secara acak
·         Menghafal surat Ad-duha
Jenis
Lisan
Instrumen
Unjuk kerja
2 jampel
Buku paket
Al-Qur’an
Kaset VCD al-Qur’an
Qori’



STANDAR KOMPETENSI : 2.Memahami arti surat pendek pilihan
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1
2
3
4
5
6
7
2.1   Menterjemahkan surat Ad-Duha
Surat Ad-Duha
·         Bermain game mencocokkkan terjemah secara lafdhiyah dari hadits tentang taqwa
·         Berpasangan dengan teman saling menyimak terjemahan surat Ad-Duha

·         Menyebutkan terjemahan ayat surat Ad-duha secara acak
·         Meneruskan terjemahan ayat surat Ad-duha
·         Menterjemahkan surat Ad-duha secara keseluruhan
Jenis
Lisan
Instrumen
Unjuk kerja
2
Jampel
Buku paket
Al-Qur’an
Kaset VCD al-Qur’an
Qori’
2.2   Menjelaskan isi kandung-an surat Ad-Duha tentang meyakini kehidupan  akhirat lebih baik daripada kehidupan dunia dengan sederhana
Surat Ad-Duha
·         Studi literatur tentang kandungan surat Ad-Duha
·         Mendengarkan penjelasan isi kandungan surat Ad-Duha
·         Berdiskusi tentang masalah kehidupan dunia dan akhirat
·         Secara bersama dibimbing guru menyimpulkan hasil diskusi
·         Menjelaskan pengertian kehidupan akhirat
·         Menunjukkan contoh perilaku orang yang meyakini kehidupan akhirat lebih baik daripada kehidupan dunia
·         Menyebutkan keutamaan orang yang meyakini akhirat lebih baik daripada kehidupan dunia

Jenis
Tulis
Lisan
Instrumen
Tes subyektif
8 jampel
Buku paket
Kartu ayat


STANDAR KOMPETENSI :3 .Memahami hadits tentang keutamaan memberi
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1
2
3
4
5
6
7
3.1   Menterjemahkan hadits tentang keutamaan memberi
Terjemahan lafdhiyah hadits tentang keutamaan memberi
·         Menggali informasi tentang terjemah lafdhiyah hadits tentang keutamaan memberi
·         Bermain game mencocokkan terjemah lafdhiyah hadits tentang keutamaan memberi

·        Menyebutkan terjemahan lafdziah hadits tentang keutamaan memberi
·        Meneruskan terjemahan hadits tentang keutamaan memberi secara acak
·        Menterjemahkan hadits tentang keutamaan memberi secara keseluruhan
Jenis
Tulis
Lisan
Instrumen
Tes subyektif
6 jampel
Buku paket
Kartu ayat
Tafsir al-Qur’an
3.2   Menjelaskan hadits tentang keutamaan memberi secara sederhana
Hadits tentang keutamaan memberi
·         Studi literatur tentang keutamaan memberi
·         Mendengar isi kandungan hadits
·         Berdiskusi tentang keutamaan orang yang suka beramal salih
·         Secara bersama dibimbing guru menyimpulkan hasil diskusi
·         Menyebutkan contoh perilaku dermawan
·         Menyebutkan hikmah dermawan
·         Menjelaskan akibat bakhil/kikir
Jenis
Tulis
Lisan
Instrumen
Tes subyektif
6 jampel
Buku paket

Mengetahui          :
Kepala Madrasah,




Abd. Basit, S.Ag., M.Pd.I
Nip.. 19711105  199503 1 001

Pantoloan,      Juli 2013
Guru Kelas VI,



 Maujud, S.Pd.I
Nip. 19680925 199402 1 001
 



morac
PERANGKAT PEMBELAJARAN
SILABUS

MATA PELAJARAN AL-QUR’AN -HADITS
  KELAS VI  SEMESTER 2

MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI PANTOLOAN
KOTA PALU

SILABUS


Nama Madrasah          : MI.ATTAQWA PANAIKANG
Mata Pelajaran             : AL-QUR’AN-HADIS                                                                                                                                 
Kelas / Semester         : VI / II


STANDAR KOMPETENSI : 4. Menghafalkan surat pendek secara benar dan fasih

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
4.1   Membaca Surat al-Bayyinah dengan baik dan fasih
Surat al-Bayyinah
·         Menyimak bacaan surat al-Bayyinah melalui kaset /VCD
·         Menirukan bacaan surat al-Bayyinah dari ustadz/Qori’
·         Membaca surat al-Bayyinah secara benar dan fasih

·     Melafalkan tiap ayat dari surat Ad-Duha
·     Membaca tiap ayat surat Ad-Duha
·     Membaca surat Ad-Duha secara keseluruhan
Jenis
Lisan
Instrumen
Unjuk kerja
2
jampel
Buku paket
Al-Qur’an
Kaset VCD al-Qur’an
4.2   Menghafal Surat al-Bayyinah dengan baik dan fasih
Surat al-Bayyinah
·         Membaca berulang-ulang surat al-Bayyinah      
·         Menyimak berulang-ulang bacaan surat al-Bayyinah
·         Bermain “Rubu’iyah”atau kwartet dengan kartu ayat dari surat al-Bayyinah
·         Menghafal surat al-Bayyinah secara benar dan fasih secara berkelompok

·         Melanjutkan potongan ayat secara acak dalam surat Ad-duha tanpa melihat Al-Qur’an
·         Menyebutkan nomor ayat ketika surat Ad-duha dibaca secara acak
·         Menghafal surat Ad-duha
Jenis
Lisan
Instrumen
Unjuk kerja
2
jampel
Buku paket
Al-Qur’an
Kartu ayat



STANDAR KOMPETENSI : 5. Memahami arti arti hadits tentang amal shalih

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1
2
3
4
5
6
7
5.1   Menterjemahkan hadits tentang amal shalih
Terjemah lafdhiyah hadits tentang amal shalih
·         Menggali informasi tentang terjemah lafdhiyah hadits tentang amal shalih
·         Bermain game mencocokkan terjemah lafdhiyah hadits tentang amal shalih
·         Menuliskan terjemah hadits tentang amal shalih

·     Menyebutkan terjemahan hadits tentang amal salih tiap kata
·     Meneruskan terjemahan hadits tentang amal salih secara acak
·     Menterjemahkan hadits tentang amal salih secara keseluruhan
Jenis
Tulis
Lisan
Instrumen
Tes subyektif
4 jampel
Buku paket
Kartu ayat
Tafsir al-Qur’an
5.2   Menjelaskan isi kandungan hadits tentang amal salih secara sederhana
Hadits amal shalih
·         Studi literatur tentang amal salih
·         Mendengarkan penjelasan isi kandungan hadits
·         Berdiskusi tentang keutamaan orang yang suka beramal salih
·         Secara bersama dibimbing guru menyimpulkan hasil diskusi

·     Menyebutkan pengertian amal salih
·     Menunjukkan contoh perilaku amal salih
·     Menjelaskan keutamaan orang yang suka beramal salih
Jenis
Tulis
Lisan
Instrumen
Tes subyektif
4
jampel
Buku paket
5.3   Menerapkan isi kandungan hadits tentang amal salih kaitannya dengan berakhlak dengan sesama
Hadits amal shalih
·          Menentukan/memilih sikap dengan menjawab studi kasus
·         Mengajukan pertanyaan terhadap sesama teman tentang dampak positif dari beramal salih terhadap sesama
·     Menentukan sikap dalam berakhlak terhadap teman sebaya, orang yang lebih muda, dan orang yang lebih tua
·     Menggambarkan sikap yang berdampak positif (amal salih) terhadap sesama

Tulis
Lisan

4
jampel
Buku paket
                                                                                                                                                                                


                                                                                                                   
Mengetahui          :
Kepala Madrasah,






Abd. Basit, S.Ag., M.Pd.I
Nip.. 19711105  199503 1 001

Pantoloan,                    2014
Guru Kelas VI,






 Maujud, S.Pd.I
Nip. 19680925 199402 1 001
P.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar