Selasa, 18 Juni 2013

KESAN DAN PESAN SISWA YANG MENINGGALKAN & YANG DITINGGALKAN





Pidato Kesan dan Pesan dari Siswa yang Meninggalkan

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh..
 
Yang terhormat :
-        Bapak Kepala Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pantoloan
-        Bapak Ketua Komite MIN Pantoloan
-        Bapak/Ibu/Orang tua/Wali siswa yang
Bapak/Ibu Dewan Guru dan Pegawai MIN Pantoloan yang kami banggakan,
dan Adik-adik kami yang sebentar lagi kami tinggalkan yang kakak cintai.

Alhamdulillahirabbil Alamin, aAssalatu wassalamu ala asrafil anbiyai wal mursalin waala alihi wa ashabihi ajmain amma ba’ad.

Pertama-tama marilah kita senantiasa memanjatkan puji syukur ke hadirat Allah SWT  karena atas berkah, rahmat, dan hidayah-Nya lah sehingga pada hari ini kita dapat berkumpul bersama guna mengadakan acara Penamatan/perpisahan siswa/siswi  kelas VI yang diselenggarakan  di madrasah kita yang tercinta ini.
Salawat dan salam senantiasa tercurah kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW yang telah  menjadi uswatun hasanah bagi kita semua.

Bapak/Ibu serta adik-adik yang kami banggakan

Izinkan saya mewakili teman-teman untuk menyampaikan sepatah dua patah kata  dalam  rangka acara perpisahan ini. 
Tanpa terasa waktu terus bergulir, 6 tahun telah berlalu, masih teringat beberapa tahun yang lalu kami memulai aktifitas belajar  di madrasah yang tercinta  ini, di mana kami menerima banyak ilmu dan pengalaman berharga.  Selama 6 tahun  di sini, tentunya  banyak kenangan berharga  yang  tidak akan pernah kami lupakan, baik itu pengalaman  bahagia dan sedih, suka maupun duka, serta tawa dan tangis, semuanya melebur menjadi kenangan berharga dalam tapak  kehidupan kami.  Kenangan kebersamaan kami  dengan  para  guru maupun teman-teman sekalian.





Bapak/ibu guru dan teman-teman sekalian

Selama bersekolah di madrasah ini, kami sebagai siswa dan siswi sangat bangga dan memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada  seluruh elemen pendidik di madrasah ini,  dan tak lupa pula kami mengucapkan  terima kasih yang sebesar-besarnya kepada  semua guru yang telah mengajar  kami, yang sangat baik, tidak pernah pilih kasih dalam mendidik, sangat sabar dan tidak kenal lelah dalam membimbing kami. Para guru yang ikhlas dalam mentransfer ilmu pengetahuan kepada kami. Berkat jerih payah  anda semua, Alhamdulillah kami akhirnya  dapat  menyelesaikan pendidikan  di  tingkat madrasah Ibtidaiyah ini. Sungguh jasa-jasa kalian akan selalu  kami kenang dan  akan  senantiasa  terpatri di dalam sanubari.


Jujur kami tidak mampu membalas segala kebaikan Bapak dan Ibu dalam bentuk materi  atau  kebaikan serupa dengan apa yang telah kalian berikan, kami hanya dapat  melantunkan  iringan doa yang tulus dan ikhlas  semoga Allah Yang Maha Kuasa selalu memberikan kesehatan, kekuatan,  dan kebahagiaan  kepada  semua guru yang bertugas mengajar di madrasah ini sehingga dapat terus mengabdi dan membimbing, serta menjadikan generasi muda pelanjut  bangsa  menjadi orang-orang yang  bermanfaat bagi agama, umat dan bangsa.


Hadirin  dan   hadirat   yang    berbahagia,

 
Kami menyadari bahwa selama mengenyam pendidikan di  madrasah ini banyak sudah kelakuan dan sikap kami yang tidak berkenan di hati para pendidik dan seluruh elemen pendidik, kami sering tidak mematuhi petuah kalian, sering melanggar aturan sekolah,  sengaja atau tidak sengaja kami pernah menyakiti hati Bapak dan Ibu guru,  dan kami  sadar bahwa kesuksesan tidak akan dapat kami raih baik di dunia maupun di akhirat, ketika  masih banyak  noda-noda  yang menghalangi,  disebabkan kesalahan-kesalahan kami  dahulu kepada  kalian.   Apatah lagi disaat mengawali pendidikan kami di madrasah ini yang kalau tidak salah umur kami masih kurang lebih 6 tahun, yang sangat kental dalam suasana keibuan, sungguh, luar biasa.
Oleh karena itulah, izinkan kami memohon maaf  yang sebesar-besar  atas           segala  kekhilafan kami.



Selanjutnya, untuk adik-adik kelas kami. Sungguh berat rasanya berpisah dengan kalian, karena kita sudah bersama-sama  dalam beberapa tahun terakhir ini. Sebagai  kakak  kelas, kami hanya bisa berpesan  agar kalian belajar lebih  tekun, perbaikilah  sikap dan perilaku kalian, tunjukkan pada orang-orang bahwa  siswa-siswi  MIN Pantoloan juga  bisa unggul. Tirulah segala  perilaku positif kami  dan  tinggalkan  hal-hal negatif  yang  kami  perbuat  selama   berada di sekolah ini, agar kalian dapat menjadi pribadi-pribadi yang lebih sukses.  Mohon maafkan,  jika selama ini kami kurang bisa menjadi  teladan  yang baik. Sukses selalu buat adik-adik, doa kami menyertai  kalian. 

Akhirnya, kami memohon kepada seluruh hadirin  kiranya  dapat  mengiringi langkah  kepergian kami dengan  doa  yang tulus   agar Allah Yang Maha Kuasa dapat meridhai perjalanan hidup kami sehingga  nantinya kami  menjadi orang-orang yang bermanfaat dan sukses dunia wal  akhirat.


Sekian  kesan dan pesan dari kami, mudah-mudahan  mendatangkan  berkah bagi kita semua, lebih kurangnya mohon  dimaafkan, Wabillahi  taufik walhidayah. 
Akhir kata,  Madrasah Yes, Madrasah Is The Best, Madrasah Oke. Allahu Akbar Walillahilhamdu
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

















Pidato Kesan dan Pesan dari Siswa yang ditinggalkan


Assalamu alaikum warahmatullah wabarakatuh

Alhamdulillahirabbil Alamin, Allahumma salli wasallim alaih wa ala alih wa ashabihi ajmain. Amma ba’du

Pertama-tama marilah kita senantiasa memanjatkan puji dan syukur kita kehadirat Allah SWT.  atas berkah, rahmat, dan hidayah-Nya jualah sehingga pada hari ini kita dapat berkumpul bersama guna mengadakan acara perpisahan dan kenaikan kelas siswa/siswi,  yang diselenggarakan  di madrasah kita yang tercinta ini.
Salawat dan salam senantiasa tercurah kepada junjungan kita Nabiullah Muhammad SAW yang telah  menjadi uswatun hasanah bagi kita semua.

Kakak-kakak ku sekalian yang kami sayangi…
Selanjutnya, pada kesempatan ini, ijinkanlah saya mewakili siswa/siswi kelas 1 sd V Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pantoloan untuk menyampaikan kata-kata perpisahan, kesan maupun pesan berkenaan dengan berakhirnya kegiatan studi kakak-kakak siswa kelas VI di MIN Pantoloan ini.

Rasanya habis untaian kata yang telah saya siapkan sebelumnya, untuk saya sajikan dihadapan kakak-kakak sekalian yang akan meninggalkan kami semua, menuju ke tempat atau jenjang pendidikan yang baru yang lebih tinggui dari yang saat ini. Dan sungguh berat rasanya kami menghadapi perpisahan ini.
Hari-hari berkumpul bersama, bercengkrama yang telah kita lalui selama di madrasah ini rasanya begitu singkat dan alangkah bahagianya jika seandainya kita senantiasa dapat bergaul, dan bersama, dalam kebersamaan untuk menuntut ilmu dalam alamamater yang sama ini, dan tentunya dibawah payung MIN Pantoloan  yang kita cintai ini. Namun apalah daya, sebab waktu jualah yang memisahkan kita dan mengharuskan untuk mengakhiri semuanya, sebab tidak bisa kita pungkiri bahwa setiap ada pertemuan pasti akan ada perpisahan. Akan tetapi perpisahan ini hendaknya kita pahami dalam arti kata sebagai pisah raga dalam masa saja, namun hati kita tetaplah menyatu untuk selamanya.

Kakak-kakak sekalian yang kami cintai…
Tentu tidak pernah bisa kita lupakan, masa – masa selama di madrasah ini yang kita lalui untuk bergaul dengan akrab dengan kakak sekalian, yang sekaligus juga telah banyak memberikan motoivasi, kontribusi dan juga pengalaman-pengalaman yang bermanfaat bagi kami selama dalam kebersamaan tersebut. Karena pada hakekatnya seorang kakak ialah seorang yang tidak ingin merugikan adik-adiknya dan senantiasa memberikan hal-hal yang berguna dan bermanfaat untuk kemajuannya kedepan. Maka dari itulah kami mengucapkan terima kasih itu semua.

Kakak kakak sekalian yang kami banggakan…

Kiranya selama ini didalam pergaulan dan kebersamaan. Kita tidak mampu melepas diri dari rasa salah dan khilaf. Untuk itu maafkanlah kami baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Dan atas kekhilafan yang talah diperbuat itu, anggaplah oleh kakak-kakak sekalian hal-hal biasa dalam pergaulan antara kakak dan adiknya. Dan mungkin sebaliknya, jika seandianya terdapat kesalahan kakak terhadap kami, adik-adikmu, semua terlebih dahulu kami maafkan.
Kakak-kakak sekalian peganglah pesan istimewa kami ini :
Jangan lepaskan solat lima waktu, rajinlah membvaca Qur’an,  taat dan patuh pada orang tua dan guru, amalkanlah segala yang di pelajari selama di madrasah ini.


Demikanlah yang dapat saya sampaikan, selamat jalan kakak-kakakku tercinta, selamat berpisah…untuk bersua kembali. Semoga Allah SWT meridhai kita semua…
wassalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh


by Maujud, S.Pd.I

Tidak ada komentar:

Posting Komentar